PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTU WEBSITE DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 2 DI MI/SD

Authors

  • Muhammad Syabrina Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Sri Normuliati Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Rabiatul Adawiah Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Lidia Sinta Universitas Islam Negeri Palangka Raya

Keywords:

pengembangan, bahan ajar, berbasis android

Abstract

Bahan ajar merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam mempermudah proses pembelajaran. Jenis bahan ajar yang di gunakan untuk menarik minat siswa berupa media pembelajaran interaktif yang disesuaikan lagi dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Hybrid Learning Material yang dipegang oleh guru dan siswa. Pengambilan sampel dilakukan di Mis Al Jihad dan di uji coba kepada siswa kelas II dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti model ADDIE dengan lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil angket dari ahli materi, desain dan uji coba lapangan memperlihatkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sangat sesuai dengan skor persentase mencapai 87,32%, menurut ahli materi 94,80 %, menurut ahli desain 96,50 %, penilaian guru sebesar 75,00 %, hasil uji lapangan 83,00 %, Hasil Uji T 0,00 bahwa bahan ajar sangat signifikan dalam meningkatkan hasil belajar, dan Analisis N-gain sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Kesimpulan pengembangan bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Alfiyyah, A. A., & Mastoah, I. (n.d.). Dampak Teknologi dalam Pendidikan SD/MI di Era Digital.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Fio Pranata. (2023). Persepsi siswa kelas xii ips man 02 lebong utara terhadap layanan bimbingan karir dengan pengambilan jurusan di perguruan tinggi. 52.

Maulana, D., Mazrur, & Rizal, S. U. (2021). Pengembangan Computer Based Instructional Materi “Haji” Di Madrasah Aliyah. 4(2).

Oktaria Puspitasari et al., 2024. (n.d.). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 141 PALEMBANG.

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 94–102. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4857

Sultan Syarif Kasim, U., & Kunci, K. (n.d.). Pengembangan Model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implemetation, Evaluation) (Vol. 8).

Syabrina, M., & Sulistyowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Flash Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 25–36.

Syar, N. I., & Sulistyowati, S. (2021). Analysis of Students’ Need and Perception on Integrated Natural Science Worksheet based on Contextual Teaching and Learning. Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 85–97. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i1.3071

Downloads

Published

2025-12-15

How to Cite

Syabrina, M., Normuliati, S., Adawiah, R., & Sinta, L. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTU WEBSITE DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 2 DI MI/SD. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 3(4), 616–629. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/530