PENGARUH METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN HADITS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASANTRI INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN TAHUN AKADEMIK 2022-2023

Authors

  • Alfiatul Hasanah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
  • Fayruzah El-Faradis Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien

Keywords:

Metode Kisah, Motivasi Belajar

Abstract

Metode dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting, suksesnya pembelajaran tergantung pada guru yang menerapkan metode dalam proses mengajarnya. Oleh sebab itu seorang guru harus bisa menggunakan metode yang baik dalam pembelajarannya. Seperti yang diterapkan oleh guru hadits pada semester VII Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Tahun Akademik 2022-2023. Berangkat dari situ peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh dari metode kisah tersebut, jika ada, seberapa besar pengaruh Metode Kisah dalam Pembelajaran Hadits Terhadap Motivasi Belajar Mahasantri Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Tahun Akademik 2022-2023. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel yaitu Metode Kisah (variabel X) dan Motivasi Belajar (variabel Y). Dan tekhnik pengumpulan datanya adalah dengan menyebarkan angket untuk variabel X dan Y, dan observasi sebagai pendukung dari angket, serta dokumentasi. Sedangkan subjek dari penelitian ini diambil dari 62 responden. Untuk analisis data yang digunakan adalah tabel harga kritik r dan dihitung menggunakan rumus SPSS dengan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kisah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai pada hasil uji T yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5,883.> 2.000) dan sig. 0,000<0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dapat disimpulkan bahwa metode kisah secara parsial berpengaruh sebersar (366) 36,6% sedangkan sisanya 63,4 % dari variabel lain selain variabel yang diteliti.

References

Agus, Herman. “Pengaruh Metode Kisah Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Sma”

A.M, Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. 1990. Jakarta: C.V Rajawali Cet Ke 12,

Amin, Adih. “Metode Pembelajaran Dengan Kisah Dalam Perspektif Islam | Annual Conference On Islamic Education And Thought (Aciet).” Diakses10September 2022. Http://Pkm.Uika- Bogor.Ac.Id/Index.Php/Aciet/Article/View/598.

Ansyoriah, Maulida. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak (Studi Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Di Paud Terpadu Nurul Aeni Kel. Cilamajang Kec. Kawalu Kota Tasikmalya).” Sarjana, Universitas Siliwangi, 2020. Diakses 8 July 2022. Http://Repositori.Unsil.Ac.Id/4039/.

Arief, Armai. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Pers, 2002.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2010.

Jakarta: Rineka Cipta

Bakhtiar, Nurhasanah. “Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi.” Aswaja Pressindo, 2013.

Chabib Toha, Saifuddin Zuhri Dan Syamsudin Yahya. “Metodelogi Pengajaran Agama, ), (Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo Semarang,2004 ).

Imam Musbikin. Guru Yang Menakjubkan. 2010. Jogjakarta: Bangun Tapn, J.Meleong, Lexy. Metode Penelitian Pendidikan. 2005. Bandung: Pt.Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, Agung Widhi. Metode Penelitian Kuantitatif. 2016 Yogyakarta: Pnadiva Buku,

Marwan, Marwan. “Strategi Penerapan Metode Kisah Dalam Membina Akhlak Anak Di Tpa Masjid An-Nur Kertosari Babadan Ponorogo.” Diploma, Iain Ponorogo, 2021. Diakses 25 November 2022.

Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/16836/.

Moh Yusuf, Amalia Syurgawi. 2020, Vol.4 (Juli-Desember).

Mudjiono, Dimyati. Belajar Dan Pembelajaran. 2009. Jakarta: Pt Rineka Cipta,

Musbikin, Imam. Mengatasi Anak Mogok Sekolah + Malas Belajar. Jakarta: Laksana,

Nana Syaodih, Sukamdinata. Metode Penelitian Pendidikan. 2009. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. 2001. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, Octofrezi, Permana. “Teori Dan Kontribusi Metode Kisah Qur’ani Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Al-Manar : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, Vol.7, No. 1 (11 April 2018): 211–229.

Rosdiana, Rosdiana. “Pengaruh Metode Kisah Dan Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Terhadap Mata Pelajaran Ski Di Mts Negeri Ma’rang Kab. Pangkep.” Phd Thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018.

Rusli, Muhammad. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. 2013. Prenduan: Paramadani,

S, Margono. Metode Penelitian Pendidikan. 2004. Jakarta: Pt. Rineka Cipta,. Salim, Syahrum. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. 2012. Bandung: CitapustakaMedia.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. 2019. Jakarta: Rajawali Pres,

Setiaji, Heri. “Pengaruh Metode Kisah Dan Metode Diskusi Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak” ( Studi Di Man 2 Kota Serang).” Diploma, Uin Smh Banten, 2019. Diakses 4 July 2022. Http://Repository.Uinbanten.Ac.Id/4709/.

Slayin, Robert. Psikologi Pendidiktek Teori Dan Praktek Jilid 2. 2009.Indeks. Sudjana Ibrahim, Nana. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. 2010 Bandung,

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,

Wahid, Abdul. “Penerapan Metode Kisah Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Al Khairaat Bitung.” Skripsi Outline: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado (2015).

“Metode Kisah Dalam Perspektif Al-Qur’an | Dalimunthe | Jurnal Tarbiyah.” Diakses 1 July 2022.

Http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/104/88. “Qur’an Kemenag.” Diakses 7 July 2022. https://qursan.kemenag.go.id.com

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Alfiatul Hasanah, & Fayruzah El-Faradis. (2023). PENGARUH METODE KISAH DALAM PEMBELAJARAN HADITS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASANTRI INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN TAHUN AKADEMIK 2022-2023. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 281–289. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/54

Issue

Section

ARTICLES