PERAN GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MUSHOLLA AL-QUSHAIRIYAH PRENDUAN

Authors

  • Mas’amatus Fibta Viana Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien
  • Fayruzah El-Faradis Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien

Keywords:

Peran Guru, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an

Abstract

Taman pendidikan Al-Qur’an mempunyai peran yang sangat penting, suksesnya pembinaan baca tulis Al-Qur’an tergantung pada peran guru dalam  pembinaan baca tulis Al-Qur’an. Oleh sebab itu seorang guru harus bisa berperan yang baik dalam pembinaannya. Seperti yang diterapkan oleh guru di Musholla Al-Qusyairiyah Prenduan Sumenep Madura. Berangkat dari situ peneliti ingin mengetahui bagaimana peran guru taman pendidikan Al-Qur’an dalam pembinaan baca tulis Al-Qur’an, setelah itu ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru taman pendidikan Al-Qur’an dalam pembinaan baca tulis Al-Qur’an di Musholla Al-Qusyairiyah Prenduan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini berisi data wawancara dengan para guru, dokumentasi dan observasi yang peneliti lakukan di TPQ Musholla Al-Qusyairiyah Prenduan. Sedangkan metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul peran guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam pembinaan baca tulis Al-Qur’an di Musholla Al- Qushairiyah Prenduan Sumenep Madura dapat disimpulkan bahwa peran guru  tersebut sebagai pengajar, pendidik dan pembimbing. Serta faktor penghambatnya adalah anak yang masih bermain sendiri dan tidak mendengarkan nasehat yang baik dari guru, kurangnya dukungan dari orang tua dan guru yang berhalangan adapun faktor pendukungnya guru yang menjadi kompak, anak yang rajin dan istiqomah dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an.

References

Abdurrohman. “Peran Tpq Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an Pada Anak Di Tpq Bahrul Ulum Desa Jrebeng Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo.” Vol.Volume. Iii Nomor 1 2022.

Siti Maimunawati Dan Muhammad Alif, Peran Guru, Orang Tua, Metode Dan Media Pembelajaran: Strategi Kbm Di Masa Pandemi Covid-19 (Penerbit 3m Media Karya, 2022)

Mawaddah Sri, "Beut Ba’da Magrib" Suatu Pembiasaan Bagi Anak-Anak Belajar Al-Qur’an, Volume 6 Nomor 1 Januari-Juni 2017.

Abdul Hatta Malik, Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (Tpq) Al-Husna Pasadena Semarang, Dimas Vol. 13 No. 2 Tahun 2013.

Jannah Shifaul, “Perkembangan Tpq (Taman Pendidikan Al-Qur'an) Di Keboan Sikep Gedangan Sidoarjo Tahun 1990-2015” Vol.10, No. 2 (2021)

Manan Syaepul, “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan,” Vol.15, No. 1 (2017)

Aprianida Rosy, “Pelaksanaan Pembinaan Birokrasi Lokal Di Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingitahun 2014,” Vol. 3 No. 2-Oktober 2016

Yestiani Dan Zahwa , 2020 " Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah”

Akbar Maulana Sanjani, “Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar,” Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.6, No. 1 (30 June 2020).

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya, 2002).

Milles M.B Et Al., Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, 3rd Ed. (Jakarta: Ui Press, 2014).

Hariandi Ahmad, “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di Sdit Aulia Batanghari,” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol.4, No. 1 (Tahun 2019).

Abdul Gafur Et Al., “Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Yang Berdomisili Di Kebon Raya Indralaya Ogan Ilir,” To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.3, No. 1 (4 February 2020)

Aman Muhammad Ma’mun, “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an,” Jurnal Annaba’ Stit Muhammadiyah Paciran, Vol.4, No. 1 (2018).

Romein Armando Dan Khalillul Rahman, “Peran Guru Sebagai Pengajar Dalam Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Era (Osf Preprints, 21 April 2021).

Faulina Sundari, “Peran Guru Sebagai Pembelajaran Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia Sd, (Jakarta, 8 April 2017).

Oding Supriadi, “Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Tabularasa, Vol.6, No. 1 (June 2009).

Awaliyani Mahmudiyah Dan Mulyadi Mulyadi, “Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren,” Zahra: Research And Tought Elementary School Of Islam Journal, Vol.2, No. 1 (11 March 2021).

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Mas’amatus Fibta Viana, & Fayruzah El-Faradis. (2023). PERAN GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MUSHOLLA AL-QUSHAIRIYAH PRENDUAN . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 290–298. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/55

Issue

Section

ARTICLES