MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Setiawati Universitas Nusa Putra

Keywords:

Model, Pembelajaran, Kontekstual

Abstract

Mutu pendidikan diperlukan terkait pada model pembelajaran yang autentik. Pembelajaran ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya peserta didik dalam mengoprasikan komputer dikarenakan kurangnya kemampuan metode pembelajaran yang diaplikasikannya.  Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik cara pemilihan preferensi bisa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning  (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang membantu  peserta didik dalam mengoprasikan komputer dalam menggali pada pemahaman perkembangan ilmu, dan ketrampilan dalam kehidupan sehari-hari. Program penelitian yang diterapkan adalah kualitatif . Data diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi. Melalui wawancara merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi proses pembuktian terhadap informasi atau keterangan yang telah diperoleh pada proses kegiatan atau sebelumnya. Berdasar hasil penelitian model pembelajaran Contextual peserta didik ada peningkatan dalam pengoprasian komputer. Melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual dalam pembelajaran komputer berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di tingkat sekolah dasar.

References

Bardini, Sri, dalam Jurnal Pendidikan Dwija Utama: Agustus 2017 (Sang Surya Media).

Fathurrohman. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasibuan, M. Idrus (2015), ‘Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)’, Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, vol. 2, no. 01

Jamaluddin S., M. Iqbal, I Gusti Putu Asto B. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam - Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 01 Hal. 73-79. Tersedia Pada:https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan teknikelektro/article/view/10344

Jhonson, Elaine B., Contextual Teaching&learning. Pent. Ibnu Setiawan, (Mizan Learning Center, 2007).

Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Mugiraharjo, Hartoyo. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 2, Hal. 359-365. Tersedia Pada : http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/2147.

Putra, Sitiatava Rizema. (2015). Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Diva Press.

Republik Indonesia, ‘Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional’, Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia (2003).

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Belajar, (Jakarta: Bumi Aksara, Cet. 2, 2014), h. 89.

Shoimin, Ari. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Med

Undang-Undang Republik Indonesia, ‘Sistem pendidikan nasional’, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum (2003).

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Setiawati. (2023). MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER PADA PESERTA DIDIK. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 299–309. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/56

Issue

Section

ARTICLES