PERBANDINGAN EFEKTIVITAS KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 008 SAMARINDA ULU
Keywords:
Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka, Tujuan PembelajaranAbstract
Pendidikan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Satuan pendidikan memiliki suatu perangkat ajar yang dikenal dengan kurikulum. Pergantian kurikulum memang tidaklah mudah bagi para guru. Selain harus beradaptasi dengan kebijakan yang baru mereka juga harus mempelajari isi dari kurikulum tersebut. Tiap kurikulum memiliki persamaan dan perbedaan. Sudah hampir 10 kali si Indonesia mengalami perubahan kurikulum. Saat ini kurikulum 2013 dirubah menjadi kurikulum merdeka. Setiap kurikulum memiliki perbandingan antara kurikulum sebelum diganti dengan kurikulum yang baru, hal ini tampak terlihat dari persiapan hingga penerapan pembelajaran dikelas. Perbandingan antara kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka yaitu perbandingan kerangka dasar, kompetensi, pembelajaran, penilaian dan perangkat kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan, persamaan dan perbedaan dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada mapel PAI. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka. Sumber data yang digunakan adalah Undang-Undang Permendikbud dan Permendikbudristek serta literatur yang berakitan dengan topic pembahasan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan dokumen. Teknik analisis data menggunakan kajian isi. Hasil dari penelitian ini yaitu tujuan pembelajaran kurikulum 2013 guru harus bisa memahami KD, tujuan pembelajaran serta guru harus mengembangkan silabus yang akan menjadi acuan dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran kurikulun merdeka materi yang dipadatkan melaui CP yang telah dirancang sesuai dengan fase, sehingga siswa memiliki waktu yang cukup untuk menggali kompetensi. Terdapat perbedaan dan persamaan tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada pelajaran PAI yaitu: rumusan pada KI-KD dan CP, RPP, Modul Ajar, Silabus, ATP, Materi pembelajaran, kode materi pelajaran pada KD dan ATP, alokasi waktu, fase, P5.
References
Harahap. N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra Vol. 8. No. 1.
Mulyasa. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Raharjo. (2022 Juni Kamis). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif-UIN Malang.
Sada, H. J. (2017). Kebutuhan Dasar Manuisa dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam. 8.
Sapitri. L. (2022). Studi Literatur Terhadap Kurikulum yang Berlaku di Indonesia Saat Pandemi Covid 19. Inovasi Kurikulum.
Tjahjono. A. (2013). Petunjuk Teknis Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Minggu Pertama di Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.















