IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SMPIT DARUL IT-TIHAD KEMBANG JANGGUT
Keywords:
Al-Qur’an, Metode Menghafal Talaqqi, Dunia PendidikanAbstract
Tidak terbantahkan bahwa Al-Qur’an merupakan sumber ajaran islam yang di dalamnya terdapat berbagai pengetahuan yang menjadi pedoman seluruh umat muslim. Dalam penelitian kali ini peneliti dengan sadar mengkaji sebuah metode menghafal Al-Qur’an yaitu metode Talaqqi dengan tujuan mengetahui efektifitas metede tersebut di dunia pendidikan. Metode Talaqqi merupakan metode tradisional dalam mempelajari maupun menghafal Al-Quran yaitu dengan mengulang-ulang bacaan secara lisan dan mendengar bacaan dari seorang pendidik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber informasi yang dicari melalui wawancara dan observasi langsung. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber penelitian adalah guru tahfidz SMPIT Darul It-Tihad. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan metode menghafal Talaqqi di SMPIT Darul It-Tihad sekitar 98%. Data itu diterima oleh peneliti setelah menyimpulkan hasil observasi dan wawancara kepada berbagai narasumber di sekolah tersebut.
References
Rosihon Anwar, Badruzzaman dkk, Pengantar Studi Islam, Bandung: Pustaka Setia 2019.
Muhamad Amin Suma, Ulumul Qur’an, Jakarta: PT RajaGrapindo Persada 2014.
Defartemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta Selatan: Penerbit WALI, 2016.
Sa’dulloh, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: GEMA INSANI, 2011.
Abdul Qawi, “Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi di MTs N Gampong Teungoh Aceh Utara”, Jurnal Ilmiah Islam Futura Vol. 16, No. 2. Diakses pada sabtu 08 April 2023 pukul 05.36.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. XI; Bandung: Alfabeta, 2010.















