PEMECAHAN MASALAH BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TIPE BELAJAR MELALUI PROGAM BIMBINGAN BELAJAR
Keywords:
Kesulitan Belajar., Tipe Belajar, Bimbingan BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mengatasi masalah belajar siswa melalui program bimbingan belajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 4 orang dengan masing-masing 1 orang kelas II, 1 orang kelas III, 1 orang kelas V, dan 1 orang kelas VI. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh bahwa pemecahan masalah belajar yang dialami siswa dapat diatasi melalui bimbingan belajar yang disesuaikan dengan tipe belajar masing-masing siswa. Dengan pendekatan yang disesuaikan, siswa akan lebih mudah memahami konsep dan materi pelajaran. Melalui bimbingan belajar yang disesuaikan, siswa dapat memperoleh keterampilan belajar yang lebih efektif sesuai dengan tipe belajar mereka. Mereka dapat belajar bagaimana mengorganisir informasi, membuat catatan yang baik, mengelola waktu, dan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tipe belajar mereka. Hal ini akan membantu siswa menjadi lebih mandiri dalam proses pembelajaran mereka. Bimbingan belajar yang disesuaikan dengan tipe belajar siswa dapat membantu siswa menyesuaikan pendekatan mereka dengan tipe pembelajaran yang digunakan di sekolah. Dengan demikian, mereka akan lebih siap dan lebih efektif dalam menghadapi tugas-tugas dan ujian di kelas.
References
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Aripin, A. J., Rahmawati, J., Firdaus, M. R., & ... (2021). Bimbingan Belajar Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Usia Sekolah Di Desa Sirnasari Kecamatan Tanjungsari …. Proceedings …, 71(Desember), 121–131. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1253%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/1253/1138
Astutik, A., Handayani, A. D., & Fiantika, F. R. (2019). Proses pemecahan masalah kontekstual siswa SMA ditinjau dari gaya belajar berdasarkan langkah polya materi sistem persamaan linier tiga variabel. Simki.Unpkediri.Ac.Id.
Azmy, B., Fiantika, F. R., & Prastyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian …, 4(1), 165–170. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/3856
Fajri, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Sd/ Mi. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 46. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.477
Fandi Abardi Sugianto. (2022). IDENTIFIKASI RELIEF PENINGGALAN SEJARAH SEBAGAI DASAR PENGEMBANAGN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 2–3.
Feny Rita Fiantika, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Imam Mashudi, Nur Hasanah, Anita Maharani, Kusmayra Ambarwati, Resty Noflidaputri, Nuryami, L. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Fiantika, F R, A. R. P. (2016). Menggali bepikir spasial siswa dengan menggunakan google sketchup dan camtasia. Proseding Seminar Nasional UPGRIS, May, 43. https://scholar.google.co.id/citations?user=7H58MqcAAAAJ&hl=en
Friska J. Purba, Kelly Sinaga, Debora Suryani Sitinjak, Candra Yulius Tahya, & Karnelasatri. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Melalui Bimbingan Belajar Online. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 131–139. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.46068
Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Zhoga, E. F. E., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2020). Representasi Matematik Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Bermedia Gamelan. http://repository.unpkediri.ac.id/922/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/922/2/RAMA_84202_16101050009_SIMILARITY.pdf















