UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE DISKUSI UNTUK MATERI SISTEMPEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SONTOI TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Metode Diskusi,, PKN, , Pemerintah Desa, , SDN SontoiAbstract
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan dengan menerapkan metode diskusi. Sebelum penerapan metode diskusi pada pembelajaran diketahui bahwa dari 31 siswa yang tuntas belajar hanya 6 siswa atau 19 % dan 25 siswa atau 81 % belum tuntas. Hal ini menunjukkan kegagalan dalam pembelajaran. Pada perbaikan pembelajaran siklus I menggunakan metode diskusi yang setiap kelompok terdiri dari 6-7 siswa. Hasil evaluasi yang diperoleh dari 31 siswa ada 15 siswa yang mendapat nilai 75 ke atas atau 48 % siswa tuntas belajar, sedangkan 16 siswa atau 52 % siswa masih belum tuntas belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh pada perbaikan pembelajaran siklus I dibanding dengan sebelum perbaikan pembelajaran ada peningkatan, dari 55,5 menjadi 67,9 atau ada kenaikan nilai sebesar 12,4. Pada siklus II peneliti menggunakan metode diskusi dengan jumlah tiap kelompok diskusi adalah 5 siswa. Selain itu peneliti juga menggunakan media seperti makanan cepat saji, soft drink, dll. Hal ini sesuai dengan pendapat para ahli tentang penggunaan media pembelajaran atau alat peraga dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Peneliti memperoleh hasil pada perbaikan pembelajaran siklus II. Dari 31 siswa semua siswa sudah tuntas belajar, dengan nilai 75 ke atas, dan nilai rata-ratanya adalah 81,8. Melihat hasil yang telah diperoleh maka peneliti tidak melakukan perbaikan pembelajaran siklus III pada mata pelajaran PKn kelas IV dengan materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan di SDN Sontoi.
References
Anonim. 2011. Indikator Keaktifan dalam Proses Pembelajaran. http:// ardhana
-.wordpress.com/2009/01/20/indikator-keaktifan-siswa-yang-dapat-dija-
dikan-penilaian-dalam-ptk-2/
Anonim. Tth. Pendidikan Kewarganegaraan PKn. http://www.definisi-online.
com/2010 /04/-definisi-pendidikan-kewarganegaraan-PKn.html
Anonim. Tth. Kelebihan dan Kelemahan Media Audio. http://www.latifa-assauqi
.co.cc/2010/03/kelebihan-dan-kelemahan-media-audio.
Anonim. Tth. Pendekatan Pembelajaran Konvensional. http://edukasi.kompasiana
.com/2009/12/20/pendekatan-pembelajaran-konvensional.
Arikunto, Suharsimi. 2006a. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik Edisi
Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006b. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Yogyakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
Azwar, Saiffudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar