PENINGKATAN KONSENTRASI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR
Keywords:
Bimbingan Belajar, Konsentrasi, Peserta Didik Sekolah DasarAbstract
Konsetrasi merupakan kemampuan individu untuk memusatkan pikiran pada suatu hal aktivitas secara terus menerus dan konsisten. Dalam belajar konsentrasi mempunyai keuntungan, baik bagi individu maupun bagi masyarakat. konsentrasi belajar adalah pemusatan pemikiran kepada suatu objek tertentu. Semua kegiatan siswa membutuhkan konsentrasi baik di dalam dan luar sekolah. Dengan konsentrasi siswa dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik. Maka untuk mengatasi hal tersebut penelitian ini membahas tentang Bagaimana penerapan program bimbingan belajar dapat membantu meningkatkan konsentrasi peserta didik di sekolah dasar. Pentingnya konsentrasi dapat membuat siswa lebih menguasai materi yang diberikan dan menambah semangat serta motivasi untuk lebih aktif pada saat proses belajar dan mengajar berlangsung. penilitian ini menggunakan termasuk penilitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif, dan mengumpulkan informasi dari salah satu siswa dari tutor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan kelas 5 SD masing-masing satu orang anak. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan.Tingkat konsentrasi belajar siswa sebelum dilaksanakannya layanan bimbingan belajar berada pada tingkat rendah yang terdiri dari dua siswa dengan kategori sedang. Meningkatkan konsentrasi belajar siswa merupakan tantangan penting dalam melaksanakan pembelajaran. Penting untuk diingat bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan gaya belajar yang berbeda, dalam melaksanak pembelajaran yang nyaman pembimbing dapat memberi Lingkungan belajar yang tenang, teratur, dan bebas dari gangguan sangat penting dalam meningkatkan konsentrasi siswa.
References
Anggi, Verdian. (2017). Efektifitas Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa SMPN 2 Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Kediri: Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Andita, D. C., Desyandri, (2019). Pengaruh penggunaan musik terhadap konsentrasi belajar anak sekolah dasar. 2 (1) 206.
Azizah, S. N. (2015). Peningkatan kosentrasi dan hasil belajar ipa melalui mind mapping siswa kela V SDN JOMBLANGAN. 2 (3) 03-04.
Azmy, B. Feny, F.R., Yustitia, V., Prasetyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar : Pengabdian Masyarakat Guru di Sekolah Dasar. 2 (1) 165-166.
Chandra, S. H., Fiantika, F. R , (2013). IMPLEMENTASI TEORI APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEME) DALAM SIKLUS ACE (ACTIVITIES, CLASS DISCUSSION, EXERCISE) PADA POKOK BAHASAN MENGGAMBAR GRAFIK FUNGSI KUADRAT. 4 (1) 376.
Cecep. D. T., Sabilah, N. (2022). Upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini melalui metode demonstrasi. 9 (10) 64-65.
Azmy, B., Fiantika, F. R., Yustitia, V., & Prastyo, D. (2023). OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR : PENGABDIAN MASYARAKAT GURU DI SEKOLAH DASAR. 4(1), 165–170.
Cecep, Deden Thosin Waskita, N. S. (2022). Upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini melalui metode demonstrasi. 3(1), 63–70.
Ernawati, J. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU. 6(1), 90–98.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N. U. R., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., & Waris, L. (n.d.). Metodologi penelitian kualitatif.
Jatmiko, Fiantika, F. R., (2017) Sebuah Rekam Jejak Proses Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Video Animasi 3D Portofolio. 3 (1) 9.
Rahmasari, S., Hera, T., & Rizhardi, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kreativitas Belajar. 6, 15358–15364.
Riinawati. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Riinawati. 3(4), 2305–2312.
Setiani, A. C., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2014). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. 3(1), 37–42.
Sekar Arum Muliana Sari, S. A. M., Fiantika, F. R., Rachmadtullah., R. (2022). Analisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada penulisan Kembali cerita hewan kelas II tema 7 di SDN Margorejo 1/403 Surabaya. 2 (1) 50.