ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Authors

  • Goffar Ar Rozzaq Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sofin Musthafa Ahmad Shabir Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Ubaydillah Syach Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Moh. Zakki Susanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Annisa Dwi Rahmawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ava Vahdiana Zahra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dwi Cahya Putri Ningrum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Kesulitan Belajar, Motivasi Belajar, Bimbingan Belajar

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar memiliki kesulitan belajar yang berbeda bagi setiap siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan dalam rangka memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada setiap siswa, para pendidik perlu memahami masalah-masalah yang berhubungan dengan kesulitan belajar seperti lambat dalam berpikir, mudah bosan, kurangnya motivasi belajar, tidak mau berusaha dalam mencari jawaban, tidak teliti dalam mengerjakan soal dan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pada jenjang sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di tempat peneliti masing-masing. Waktu penelitian dilaksanakan oleh peneliti dalam kurun waktu tiga bulan. Data diperoleh dengan cara tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini yaitu tujuh siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap siswa memiliki kesulitan belajar yang berbeda-beda dan disebabkan beberapa faktor, bisa dari faktor internal dan faktor eksternal dari siswa. Faktor internal sendiri berasal dari dalam diri siswa, seperti kurang minat dalam belajar, cepat bosan, dan tidak memiliki tujuan belajar. Kemudian faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sehingga dengan adanya hal tersebut siswa bisa mendapatkan cara yang cocok untuk dirinya dalam belajar dan siswa dapat memaksimalkan dalam menerima sebuah pembelajaran.

References

Astutik, Andri, Aprilia Dwi Handayani, and Feny Rita Fiantika. 2019. “Proses Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMA Ditinjau Dari Gaya Belajar Berdasarkan Langkah Polya Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel.” Simki.Unpkediri.Ac.Id.

Cahyono, Hadi. 2019. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 7(1):1. doi: 10.24269/dpp.v7i1.1636.

Feny Rita Fiantika, Mohammad Wasil, Sri Jumiyati, Leli Honesti, Sri Wahyuni, Erland Mounw, Jonata, Imam Mashudi, Nur hasanah, Anita Maharani, Kusmayra Ambarwati, Resty Noflidaputi, Nuryami, LUkman Waris. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif.

Fiantika, F. R. .., and E. F. E. Zhoga. 2021. “Gamelan Sebagai Media Discovery Learning Untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 06(01):16–38.

Fiantika, F. R., S. H. Prajitno, G. A. Rozzaq, and S. M. A. Shabir. 2023. “Sebuah Transformasi Budaya Situs Gambyok Dalam Pembelajaran Matematika Berprofil Pelajar Pancasila.” 9(1):15–21.

Maghfhirah, Siti, and Maemonah. 2019. “Pemikiran Behaviorisme Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Anak VI(2):89–110.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pautina, Amalia Rizki. 2018. “APLIKASI TEORI GESTALT DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK.” Manajemen Pendidikan Islam 6(1):57–66.

Pristiwanti, D., B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi. 2022. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6):1707–15.

Pujiati, Dian, Moh Aniq Khairul Basyar, and Arfilia Wijayanti. 2022. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.” Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 5(1):57–68. doi: 10.24256/pijies.v5i1.2615.

Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1):1–8.

Setyawan, Agung, Qisnah Arsilah Novitri, Silfi Rahartini, Eka Pratiwi, Mardhatilla Birrul Walidain, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Trunojoyo Madura, and Jawa Timur Indonesia. 2020. “Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (SD).” Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1(1):156–58.

Suherman. 2005. “Bimbingan Belajar.” Univ. Pendidik. Indones.

Yudianto, Erfan, Titik Sugiarti, Sofi Astri, and Feny Rita Fiantika. 2021. “Profil Berpikir Kreatif Siswa SD Dalam Menyelesaikan Masalah Persegi Menggunakan Tangram Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele.” AdMathEdu 11(1):61–72.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Goffar Ar Rozzaq, Sofin Musthafa Ahmad Shabir, Muhammad Ubaydillah Syach, Moh. Zakki Susanto, Annisa Dwi Rahmawati, Ava Vahdiana Zahra, & Dwi Cahya Putri Ningrum. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 377–388. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/62

Issue

Section

ARTICLES