PERAN AKREDITASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DI MI CIBATU KEC. CISAAT KAB. SUKABUMI

Authors

  • Fatimah Nurjariah Institut Madani Nusantara
  • Anisa Dewi Raharja Institut Madani Nusantara
  • Siti Qomariyah Institut Madani Nusantara

Keywords:

Akreditasi, Mutu Pendidikan, Madraasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran akreditsai dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Cibatu Cisaat Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta Teknik analisis data yang dilakukan mencakup koleksi data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian yang ditemukan terdapat peningkatan mutu pendidikan setelah akreditasi di Madrasah Ibtidaiyah dilakukan pada tahun 2019. Dampaknya kelemahan pada temuan akreditasi 2019 setelah itu diperbaiki oleh lembaga tersebut.

References

Indonesia, P. pemerintah R. (2010). PP No 17 Tahun 2010 (Issue 564).

Malik, A., Nyoto, A., Arismunandar, Susetyo, B., & Anjaya, C. (2021). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021. In Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Nasional, P. M. P. (2009). Sistem Penjamian Mutu Pendidikan No 63.

Nuryanto, N. (2018). Peningkatan mutu Madrasah Ibtidaiyah: School-Based management dan kompetensi guru madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 21–32. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1075

Pemerintah Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah tentang standar nasional pendidikan dengan (PP no. 19 tahun 2005). Sekretariat Negara Indonesia, 1, 1–95.

Peraturan pemerintah. (2000). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 Tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi Sebagai Daerah Otonom.

Peraturan pemerintah. (2003). UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sholeh, M. (2016). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/560

Siahaan, A., Akmalia, R., Amelia, L., Ardhi, A., Sitorus, M., Siraj, S., & Ardiansyah, Y. (2023). Mengelola dan meningkatkan mutu pembelajaran pendidik dan tenaga kependidikan dalam manajemen lembaga pendidikan slam. Journal on Education, 05(03), 5815–5825. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1344

Suryana, A. (2005). Akreditasi Sertifikasi dan Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3, 1–14.

Zahrok, A. L. N. (2020). Implementasi sistem penjaminan mutu internal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31288

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Fatimah Nurjariah, Anisa Dewi Raharja, & Siti Qomariyah. (2023). PERAN AKREDITASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DI MI CIBATU KEC. CISAAT KAB. SUKABUMI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 407–413. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/63

Issue

Section

ARTICLES