PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG MELALUI TEKA-TEKI SILANG

Authors

  • Alifah Nabila Azzahro Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dini Adila Rahmah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Eva Nur Maziyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Laily Safarina Fadliyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Bimbingan Belajar, Operasi Hitung, Teka-Teki Silang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk pendampingan bimbingan belajar dalam membantu siswa mengatasi kesulitan dalam keterampilan operasi hitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa yaitu dua orang siswa kelas 2, dan masing-masing satu orang siswa kelas 3 dan 4 di sekitar rumah masing-masing yang dilaksanakan selama empat bulan yakni Maret hingga Mei 2023 dan hingga saat artikel ini ditulis, bimbingan masih berlangsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan naskah tes tertulis yang telah divalidasi oleh validator dan dinyatakan valid. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penggunaan teka-teki silang pada materi operasi hitung perkalian dapat membantu siswa untuk mengatasi kesulitan tentang konsep perkalian dan dapat memperkuat pemahaman mereka tentang fakta-fakta dasar perkalian.

References

Aprisha, S. I., & Indrawati, D. (2022). Penerapan Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Interaksi dan Hasil Belajar Matematika di Kelas II. Jpgsd, 10(4), 723–734.

Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061

Fatria, N. N. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV. IBTIDA', 3(1), 28-37.

Fiantika, F. R., & Zhoga, E. F. E. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 16–38. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i4.11996

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., ... & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press.

Hakim, A. R. (2019). Teka Teki Silang Matematika untuk Kelas 1 Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika UMT, 2017, 125–134. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1691

Hidayat, K. N., & Fiantika, F. R. (2017). Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Analisis Proses Berpikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar, 1(1), 385. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/134

Leasa, R. E. (2021). Bimbingan Belajar Matematika Bagi Anak di Dusun Mahia. Pattimura Mengabdi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1, 56–63.

Lisa (2022). Inovasi Pembelajaran Matematika SD/MI dengan Pendekatan Matematika Realistik. Genderang Asa: Journal of Primary Education.

Mayori, M., Ramadianti, W., Jumri, R., Asmara, A., & Syofiana, M. (2023). Bimbingan Belajar Matematika Siswa Sd Pada Materi Pecahan Di Kelurahan Penurunan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 3(1), 28-32

Nasution, H. F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Bimbingan Belajar Gratis. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 66–73.

Penurunan, D. I. K. (2016). E issn : 2808-5566 p:issn : 2808-7569 bimbingan belajar matematika siswa sd pada materi pecahan di kelurahan penurunan. 28–32.

Rahmi, D., Kurniati, A., Yuniati, S., Sari, A., Fitraini, D., & Pembelajaran, M. (2023). PENGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG MATEMATIKA. 4(2), 2568–2574.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas, 2(1), 44–62.

Sudirman, I. N., Darmayanti, N. W. S., Pradnyana, P. B., & Adiwijaya, P. A. (2021). Pendampingan belajar siswa melalui kegiatan bimbingan belajar di desa songan dalam memutus laju penyebaran covid 19. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 867-870.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Alifah Nabila Azzahro, Dini Adila Rahmah, Eva Nur Maziyah, & Laily Safarina Fadliyah. (2023). PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG MELALUI TEKA-TEKI SILANG . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 423–431. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/64

Issue

Section

ARTICLES