MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI RA AL FAQIH BONTOSUNGGU

Authors

  • Irma Rahmayani Universitas Islam Makassar
  • Naasaruddin Universitas Islam Makassar

Keywords:

Eksplorasi, Lingkungan, Pengetahuan Sains

Abstract

Meningkatkan pengetahuan sains melalui pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar di RA Al Faqqih Bontosunggu. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah Pendidikan yang diberikan bagi anak usia dini (0-6 Tahun) yang dilakukan melalui pemberian ransangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan baik jasmani maupun rohani agar memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Rumusan masalah yang akan menjadi fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah Bagaimana meningkatkan pengetahuan sains melalui pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar di RA Al Faqih Bontosunggu? Desain dalam penelitian ini meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting) yang diikuti dengan perencanaan ulang yang dilaksanakan secara berkelanjutan berulang atau siklus. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi keterampilan murid RA AL Faqih Bontosunggu dalam sains dilakukan selama 3 siklus. Pada siklus 1 tingkat keberhasilan anak mencapai 30%, pada siklus 2 mencapai 50 % dan siklus 3 mencapai 80 %.Berdasarkanhasil penelitian dari siklus I, siklus II dan siklus III dapat disimpulkan bahwa metode eksplorasi lingkungan sekitar dapat meningkatkan pengetahuan sains anak didik RA Al Faqih Bontosunggu Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa.

References

Anna Agustina, “ Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi lingkungan sekitar pada anak usia 5-6 tahun”, Journal pendidikan dan bisnis, Vol.3, No.2, Mei 2022

Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Ayu, “Pengertian Lingkungan”, (Diakses pada tanggal 28 september 2022) http://www.scribd.com/doc/36358170/PENGERTIAN-LINGKUNGAN

Dian Fitriani, “Pengertian Eksplorasi elaborasi konfirmasi”(Diakses pada tanggal 28 september 2022) http://www.scribd.com/doc/38112197/Pengertian-Eksplorasi-Elaborasi-

Konfirmasi

Drs. Daryanto. Penelitian tindakan kelas dan penelitian tindakan sekolah (Yokyakarta: Gava Media, 2018), hlm 3.

“Eksplorasi”, (diakses pada tanggal, 29 september 2022) http://id.wikipedia.org/wiki/Eksplorasi

El-huluqo,Ihsan. 2015. Manajemen Paud. Yokyakarta:Pustaka Pelajar.

Fried, George H. 2005. Schaum’s Outlines Biologi Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. 1997. Perkembangan Aak jilid 1. Jakarta: Erlangga.Jamaris, Martini. 2003. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Program Studi Pendidikan Usia Dini PPS Universitas Negeri Jakarta.

Masitoh. 2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka.

Muhammad Fauziddan, “ pengembangan sains untuk anak usia dini”, (diakses pada tanggal,29 september 2022) https://sabyan.org/pengembangan-sains-untuk-anak-usia-dini/

Mursid,M.Ag. 2015. Belajar dan Pembelajaran Paud. Jakarta: PT Remaja Rosidakarya.

.“Pemanfaatan Lingkungan sebagai sumber belajar untuk anak usia dini”, ( diakses pada tanggal, 29 september 2022) http://ilmuwanmuda.wordpress.com/pemanfaatan-lingkungan-sebagai- sumber-belajar-untuk-anak-usia-dini/

Poedjiadi, Anna. 2007. Filsafat Ilmu. Jakarta : Universitas Terbuka.

Putri, Suci Utami. 2019. Pembelajaran Sains Untuk anak Usia Dini. Jawa Barat:UPI Sumedang Press.

Rahman, Hibana S. 2002. Konsep Dasar Pnddikan Anak UsiaDini. Yokyaarta: Galah.

R, Moeslichatoen M.Pd. 1995. Metode Pengajaran di Taman Kanak- kanak. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

“Sains Menurut kbbi” ( Diakses pada tgl 10 oktober 2022)https://kbbi.lektur.id/sains

Samatowa, Usman. 2018. Metodoloi pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Tangerang: Tsmart Printing

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sujiono, Yuliani Nurani dkk. 2006. Metode Pengembangan Kognitif.

Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Redaksi Ayahbunda. 2002. Dari A sampai Z tentang Perkembangan Anak. Jakarta : PT Gaya Favorit Press.

Wijana, Widarmi D. 2008. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta : Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nuraini. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks.

Tedjasaputra, M.S. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Irma Rahmayani, & Naasaruddin. (2023). MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR DI RA AL FAQIH BONTOSUNGGU. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 462–474. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/65

Issue

Section

ARTICLES