PEMANFAATAN GOOGLE EARTH SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SEBATIK TENGAH

Authors

  • La Alimu Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1, Sebatik Tengah, Indonesia

Keywords:

Google Earth, Pembelajaran Geografi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada siswa dalam pembelajaran dengan memanfaatkan Google Earth. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian  pada bulan  Juli  2022 - Oktober   2022 di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Sebatik  Tengah. Metode pengumpulan data adalah Tes Formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Google Earth dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Sejarah. Hasil belajar dengan media Google Earth dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari peningkatan nilai Kriteria Ketuntatasan Minimal (KKM) pada siklus I sebesar 66,67%, siklus II sebesar 76,19%  dan siklus III sebesar 85,71%.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Sejarah dengan menggunakan Google Earth pada meteri Geografi.

References

Agustiningsih, N., & Pamungkas, S. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN CANDI MUARA JAMBI BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATA KULIAH SEJARAH INDONESIA HINGGA ABAD 15 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 320–333.

Andriyana, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Earth Pro Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMAN 1 Lape. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 2442–9511. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4613/http

Arifin, & Gultom, U. (2016). LESSON STUDY:PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWAPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)DI SMP KOTA TARAKAN. Journal of Educational Science and Technology, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3217

Arifin, H. A. B. (2018). Multicultural Approach in Developing Instructional Learning Material at Indonesian Senior High School.

Arifin, Norain, S., & Ridwan. (2022). ESP COURSE DESIGN: THE NEED ANALYSIS ON ENGLISH FOR TOURISM BOOK FOR TRAVEL BUSINESS DEPARTMENT OF ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMKN 1 TARAKAN. https://doi.org/https://doi.org/10.47577/teh.v2i2.6968

Asmarinnda. (2023). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL INCREASING THE QUALITY OF EDUCATION IN THE DIGITAL ERA. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 157–163.

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research (Vol. 1).

Dayu, R., Mirdad, J., & Fitri, N. (2022). Pengembangan Multimedia Google Earth Berbasis Virtual Mata Pelajaran Ski di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1179. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.902

Farda, N. M. (2017). Multi-temporal Land Use Mapping of Coastal Wetlands Area using Machine Learning in Google Earth Engine. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 98(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/98/1/012042

Hamdanah, H. (2020). In International Conference on Elementary Education. Google Earth Utilization in Increasing Spatial Literacy of High School Students. , 436–446.

Islami, N. (2018). The use of google earth as the learning media in geosciences education. In Journal of Educational Sciences (Vol. 2, Issue 1).

Isnaini, N. (2015). KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE EARTH DENGAN PETA DIGITAL PADA MATERI PERSEBARAN FAUNA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SEMARANG. In Jurnal Geografi (Vol. 12, Issue 1).

Khoiruddin, A. (2016). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE EARTH DAN MEDIA KONVENSIONAL.

Kumar, S. (2010). Google Earth and the nation state: Sovereignty in the age of new media. In Global Media and Communication (Vol. 6, Issue 2, pp. 154–176). https://doi.org/10.1177/1742766510373716

Nurbaiti, A. R., Winarti, M., & Supriadi, A. (2021). Utilizing Media of Google Earth Education for Spatial Intelligence in Social Studies Learning at School.

Nursofah, Rugaiyah, & Madhakomala. (2023). OTONOMI PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SUMBERDAYA SEKOLAH. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 224–233.

Oktavianto, D. A., & et al. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUANGOOGLE EARTH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SPASIAL. Jurnal Teknodik, 059-069.

Pabalik, W., Zulfadli, M., Tenri Sumpala SMP YPPK Santo Don Bosco Fakfak Papua Barat, A., Makassar Sulawesi Selatan, N., Negeri, S., & Sulawesi Selatan, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Google Earthuntuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas VIIE SMP YPPK Santo Don Bosco Fakfak Papua Barat. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 251–262.

Patterson, T. C. (2007). Google earth as a (not just) geography education tool. Journal of Geography, 106(4), 145–152. https://doi.org/10.1080/00221340701678032

Putra, A. L., Kasdi, A., & Subroto, W. T. (2019). PENGARUH MEDIA GOOGLE EARTH TERHADAP HASIL BELAJAR BERDASARKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Sukardi. (2020). PERAN PENDIDIKAN SEJARAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA. JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARAN SEJARAH, 6(2).

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

La Alimu. (2023). PEMANFAATAN GOOGLE EARTH SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SEBATIK TENGAH. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 493–507. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/67

Issue

Section

ARTICLES