MODEL KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DALAM PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN

Authors

  • Moh. Soleh UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Anis Zohriah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Machdum Bachtiar UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Model Kepemimpinan, Kepemimpinan Partisipatif, Pondok Pesantren

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis literatur mengenai model kepemimpinan partisipatif dalam pengelolaan pondok pesantren. Yaitu untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang model kepemimpinan partisipatif dalam pengelolaan pondok pesantren, serta memberikan saran dan implikasi praktis bagi pengurus pondok pesantren dalam mengimplementasikan model kepemimpinan partisipatif yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode analisis literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur terkait kepemimpinan partisipatif, manajemen pondok pesantren, dan hubungan antara keduanya. Sumber-sumber literatur yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah jurnal ilmiah, buku, dan dokumen resmi yang terkait dengan topik penelitian. Temuan dari analisis literatur menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif dapat memberikan manfaat bagi manajemen pondok pesantren, seperti meningkatkan partisipasi dan keterlibatan santri dalam pengambilan keputusan, serta meningkatkan kepuasan dan motivasi santri. Namun, terdapat juga beberapa tantangan dan kendala dalam menerapkan model kepemimpinan partisipatif dalam pengelolaan pondok pesantren, seperti perbedaan pandangan antara pengurus dan santri, serta keterbatasan sumber daya dan waktu. Dalam rangka mengatasi tantangan ini, artikel ini memberikan saran dan implikasi praktis bagi pengurus pondok pesantren dalam mengimplementasikan model kepemimpinan partisipatif yang efektif.

References

Aisyah, S., Ilmi, M. U., Rosyid, M. A., Wulandari, E., & Akhmad, F. (2022). Kiai Leadership Concept in The Scope of Pesantren Organizational Culture. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 40–59. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.106

Anggraini, M., Samosir, F. S., & Nihaya, W. (2022). Pelatihan Kepemimpinan Bagi Kepala Sekolah ( Melalui Kajian Teori-Teori Kepemimpinan Yang Sesuai Leadership Training for School Principles ( Through the Study of Leadership Theories Applicable To Schools ). Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol, 1(1), 10–17.

Arofah, A. B. (2021). Gaya kepemimpinan kiyai Muhammad Tijani Jauhari dalam meningkatkan kinerja Asatidz Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Thesis, UIN Sunan, 3.

Charis, M., Ammar, M., Wijokongko, D., & Al-Hafizd, M. F. (2020). Kategori Kepemimpinan dalam Islam. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 171–189. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/491/282

Farikhah, D. H. S. (2015). Manajemen Lembaga Pendidikan (1st ed.). Aswaja Pressindo Ngaglik, Sleman Yogyakarta.

Hamdanah, H. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Pesantren Terhadap Kualitas Santri. Aksioma Ad-Diniyah, 10(1), 21–34. https://doi.org/10.55171/jad.v10i1.652

Hifza, Suhardi, M., Aslan, & Ekasari, S. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Perspektif Interdisipliner. NidhomulHaq: Jurnal ManajemenPendidikan Islam, 5(1), 46–61.

Husaini, H., & Fitria, H. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2474

Johanes, V. E., Suroyo, S., & Budiastra, A. A. K. (2022). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Literasi Digital dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2793–2801. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2471

M. Aulia Qodri, MaNur Komariah, M. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Yayasan Miftahul Huda Desa Jaya Bakti Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. ADIBA: Journal Of Education, 3(1), 21–28.

Masruroh, S., Suhartini, A., & Ahmad EQ, N. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Kabupaten Karawang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(1), 144–153. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.865

Nisfu Kurniyatillah, Shafa Editya Rachmawat1, Amirah, N. S. S. (2021). Kepemimpinan Otoriter Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 160–174. https://doi.org/10.18592/moe.v7i2.5429

Noor, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Kyai. Jurnal Kependidikan, 7(1), 141–156. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2958

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 58. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p58-67

Prasetyo, M. A. M. (2022). Pesantren Efektif: Studi Gaya Kepemimpinan Partisipatif. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.159

Rostini, D., & Amaly, N. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(c), 173–180.

Ryan, Cooper, & Tauer. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Muara Bungo. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(5), 12–26.

Sanjani, M. A. (2019). Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.131

Sholihah, M., & Muslih, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Kharismatik Kh. Muhammad Dawam Saleh Dalam Manajemen Pondok Pesantren Al-Islah Sendangagung Paciran Lamongan. 1.

Siagian, H. M., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). Penerapan Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah SD Swasta. Jurnal Basicedu, 6(3), 3821–3829. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2747

Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417

Suryana, Y., Khoiruddin, H., & Oktapiani, T. (2021). Gaya Kepemimpinan Kharismatik Kyai ‎ Dalam Pengembangan Pondok Pesantren. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 199–210. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.6322

Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah .. dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110.

Tanjung, D. L. (2019). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru MAN Binjai. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1), 1–9.

Wahab, J. (2020). Nilai Moralitas Kepemimpinan Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 59. https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.14124

Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 113–125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011

الطعاني، حسن, & بطاح ، أحمد. (2016). الإدارة التربوية ، رؤية معاصرة (p. 313). دار الفكر. www.books4arab.com

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Soleh, M., Anis Zohriah, Machdum Bachtiar, & Anis Fauzi. (2023). MODEL KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DALAM PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 518–528. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/68

Issue

Section

ARTICLES