PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS X IPA 1 DENGAN MENGGUNAKAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMAN 1 SEBATIK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Instagram, Kosakata, Media SosialAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan Instagram sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sebatik Tengah. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua kali siklus penelitian, subjek penelitian adalah siswa kelas X. Data diambil dari hasil tes dan observasi. Ada tiga kali tes yaitu pre tes, tes siklus pertama dan tes siklus kedua. Proses menganalisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes sementara data kualitatif di peroleh dari hasil observasi. Peneltian dikatakan sukses jika siswa mampu mencapai nilai kriteria minimum yaitu 75. Setelah penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran maka diperoleh peningkatan penguasaan kosakata siswa hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes yang diberikan pada siswa yaitu hasil pre tes 50,64. Kemudian hasil siklus pertama meningkat menjadi 74,55. Hasil siklus kedua meningkat lagi yaitu nilai rata-rata menjadi 80, 36. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan Instagram sebagai media pembelajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Instagram merupakan media social yang memberikan effek positif terhadap peningkatan kosakata Bahasa inggris siswa Olehnya itu peneliti menyarankan untuk menggunakan Instagram sebagai salah satu media pembelajaran.
References
Arifin. (2021). Pendidikan Multikultural: Ideologi Pembelajaran dan Pengajaran di Sekolah. JURNAL BORNEO HUMANIORA, 4(2), 96–102. https://doi.org/https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2278
Arifin, Norain, S., & Ridwan. (2022). ESP COURSE DESIGN: THE NEED ANALYSIS ON ENGLISH FOR TOURISM BOOK FOR TRAVEL BUSINESS DEPARTMENT OF ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMKN 1 TARAKAN. https://doi.org/https://doi.org/10.47577/teh.v2i2.6968
Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research (Vol. 1).
Dwi Octaviani, B., & Wiwitan, T. (2021). Penggunaan Instagram sebagai Media Promosi. Prosiding Hubungan Masyaraka, 423–427. https://doi.org/10.29313/.v0i0.28723
Herawati, T. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA PAIKEM LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 99–106.
Palermo, F., & Mikulski, A. M. (2014). The role of positive peer interactions and English exposure in Spanish-speaking preschoolers’ English vocabulary and letter-word skills. Early Childhood Research Quarterly, 29(4), 625–635. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.07.006
Risan, R. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS II UPT SD NEGERI 113 PANA. JURNAL INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 27–33.
Santosa, I., Nurkhamidah, N., & Wulandari, R. (2021). Identifying The Criteria of Designing Augmented Reality for Vocabulary Learning in Primary School. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2634/http
Sinta, I., & Zulfitri. (2022). Students’ Experience in Vocabulary Memorizing of Adjective by Using TikTok Duet Video. Journal Educational Research and Social Studies, 3(1), 40–52. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss
Ulfah, N., Utami, P., & Rahman, T. (2018). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN VOCABULARY ANAK (Vol. 2, Issue 1).
Vega, N. De, & Arifin, A. (2022, March 30). Teachers’ Experiences of Implementing D-Learning. https://doi.org/10.4108/eai.27-11-2021.2315536















