DESKRIPSI PROSES LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR SD: SEBUAH UPAYA MENGURANGI KESULITAN BELAJAR SISWA
Keywords:
Kesulitan, Layanan, Bimbingan BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses layanan bimbingan belajar dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam proses pembelajaran. Melalui layanan bimbingan belajar siswa dapat memperoleh penjelasan yang lebih terperinci dan dukungan tambahan dalam memahami materi pelajaran. Siswa juga dapat memperoleh metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, serta bimbingan dalam mengatasi masalah yang mungkin muncul dalam proses belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa les yang berjumlah 4 orang dimulai dari kelas 2 dan kelas 4 di sekitar rumah masing-masing. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran bimbingan belajar siswa. Peneliti ini mengambil mata pelajaran Matematika yang dianggap sulit dari mata pelajaran lainnya. Salah satu upaya untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar melalui layanan bimbingan belajar. Solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan siswa dengan memberikan media pembelajaran yang bertujuan unutuk mempermudah pemahaman siswa dan melatih konsentrasi serta ketelitian siswa dalam materi yang dipelajari ketika proses layanan bimbingan belajar.
References
Abdullah, D. 2016. “Bimbingan Belajar Bagi Siswa Berkesulitan Membaca.” Jurnal Suloh 1(1): 19–26.
Astuti, Nadya. 2022. “Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Simpang Warga 1 Kecamatan Aluh-Aluh.” Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial 4(1): 33–46.
Fadia, Siti., & Nurul Fitri. 2021. “Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1): 1617–20.
Hamidah, N., & Ain, S. Q. 2022. “Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 4(1): 321–32.
Handayani, N. F., & Mahrita, M. 2021. “Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar.” Jurnal PTK dan Pendidikan 6(2).
Nelyahardi, N., & Prizunil, M. 2016. “Layanan Bimbingan Belajar Dalam Mengurangi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 1(1): 117–35.
Nugroho, D. S. 2016. “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sukorini.” Basic Education 5(32): 3–005.
Sibua, Amrin. 2020. “Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Sambiki Kecamatan Morotai Timur.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6(2): 39–51.
Subhan, S. 2021. “Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 58 Tambana Tahun Ajaran 2019/2020.” Jurnal Pendidikan Ips 11(1): 19–24.
Utami, Yuliza Putri, and Derius Alan Dheri Cahyono. 2020. “Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1(1): 20–26.















