PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DAN TINGGI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Bimbingan Belajar, Siswa Kelas Rendah, Siswa Kelas Tinggi, Pembelajaran PenemuanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah dan tinggi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini diambil dari masing-masing 1 siswa kelas rendah dan kelas tinggi untuk menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan materi yang berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, lembar wawancara dan tugas penyelesaian masalah yang telah memenuhi kriteria valid dan penelitian ini dilakukan dengan kurun waktu 3 bulan (Maret 2023 - Mei 2023) Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara berbasis tugas. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan motode discovery learning pada mata pelajaran matematika dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa kelas rendah dan kelas tinggi. Siswa kelas rendah lebih mengalami kesulitan selama pengaplikasian metode discovery learning pada awalnya, namun mereka menjadi lebih terbiasa dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran setelah terbiasa beberapa waktu. Pada lain sisi, siswa kelas tinggi lebih cepat dan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan dengan model pembelajaran discovery learning ini. Meskipun begitu, hasil akhir dari evaluasi prestasi akademik siswa menunjukkan bahwa kedua siswa tersebut mengalami peningkatan pemahaman yang signifikan setelah pengaplikasian model pembelajaran discovery learning. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat membantu meningkatkan prestasi akademik siswa pada kelas rendah dan kelas tinggi. Namun, perlu ada penyesuaian dan pendekatan yang berbeda untuk siswa kelas rendah dan tinggi agar mereka dapat terbiasa dengan model pembelajaran discovery learning secara maksimal.
References
Azmy, B., Fenny, R. F., Prastyo, D., Via, Y. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian …, 4(1), 165–170. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/3856
Fiantika, 2011. (2011). Bimbingan Belajar. Universitas Pendidikan Indonesia, 44(8), 1689–1699.
Fiantika, F. R., & Zhoga, E. F. E. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 16–38. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i4.11996
Haryanto, 2018. Teori Yang Melandasi Pembelajaran Konstruktivistik. Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNY. 2008. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1), 1–14.
Herzamzam, D. A. (2021). Peningkatkan Motivasi dan Self Efficacy Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2133–2144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1177
Isnaeni, A., & Widiana, I. W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III. 1(1), 40–45.
Kusmaharti, D., Fenny, R. F., Rusminati, S. H., & Yustitia, V. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Ketuntasan Minimum Bagi Guru Sekolah Dasar. 3(1), 196–202.
Lestariningsih. (2020). Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yaitu rendahnya nilai matematika siswa khususnya pada materi menentukan skala. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan. September, 9–19.
Muhammad, I., & Juandi, D. (2023). Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama : A Bibliometric Review. 11(1), 74–88.
Mulyanto, I. T., Fenny, R. F., & Rachmadtullah, R. (2022). Kemampuan berpikir kritis siswa sd pada penerapan model discovery learning. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 37–40.
Munirwan, U. (2018). PERANAN ORANG TUA DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANAK Munirwan Umar 1. 1, 20–28.
Pratiwi, I. A., & Hartanto, H. Y. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII C. 2(April), 447–456.
Susilowati, A. T., & Winanto, A. (2022). Meta Analisis Komparasi Model Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7716–7723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3582
Victoria Karjiyati. (2018). Jurnal PGSD. 13(2), 146–154.
Widyastuti, L. (2022). … Media Power Point Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik …. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil …, 5(2), 111–117. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/8365%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/download/8365/pdf















