ANALISIS LITERASI BACA TULIS TERHADAP PEMAHAMAN BACA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Literasi Baca Tulis, Pemahaman Baca, Sekolah DasarAbstract
Bimbingan belajar ini dilaksanakan diluar kegiatan intrakulikuler untuk menunjang pemahaman pelajaran yang telah dialami siswa di dalam kelas, sehingga bimbingan belajar ini sangat membantu siswa Sekolah Dasar apalagi perubahan kurikulum yang membingungkan guru serta siswa karena SDM yang belum matang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemahaman baca dan gambaran solusi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan literasi baca tulis pada kegiatan bimbingan belajar yang para peneliti lakukan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instumen penelitian ini adalah lembar soal kerja siswa, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pemahaman baca dari hasil observasi peneliti 1-6 yaitu masih rendah dan subjek memiliki beberapa kesamaan dalam tipe belajar yaitu Stimulus Respon Learning (belajar rangsangan jawaban); 2) Solusi yang dapat diberikan untuk dapat meningkatkan literasi baca tulis dan pemahaman baca siswa ialah sebelum memulai pembelajaran siswa dibiasakan untuk membaca terlebih dahulu. Kebiasaan membaca yang dibangun pada siswa akan membantu siswa menjadi lebih terbiasa membaca dan memperluas wawasan mereka serta pemahaman baca siswa menjadi semakin meningkat. Selain itu, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar yang kondusif dapat membuat siswa fokus dan nyaman dalam proses pembelajaran sehingga hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan pemahaman baca pada siswa.
References
Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press.
Gagne, R. M. (1977). The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Hamalik, O. (1991). Psikologi dan Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Belajar.
Kusumawati, N. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika.
Murniarti, E. (2020). Pengertian Bakat, Ciri-Ciri Anak Berbakat, dan Implikasi Pendidikan.
Nurtika, L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi. Lutfi Gilang.
Prajitno, S. H., Ladyawati, E., & Fiantika, F. R. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMP dengan model pembelajaran jucama ditinjau dari gender. Wahana, 149-165. (hal 150).
Prajitno, S. H., Ladyawati, E., & Fiantika, F. R. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMP dengan model pembelajaran jucama ditinjau dari gender. Wahana, 151.
Prasetio, K. E., & Fiantika, F. R. (2013). Media Kartun pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Intrapersonal Intelligence Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 221.
Prasetio, K. E., & Fiantika, F. R. (2013). Media Kartun pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Intrapersonal Intelligence Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 224.
Rahanu, H. G. (2016). The Development of Student Learning and Information Lliteracy: A Case Study. Education for Information, 32.
Rusman. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Saliza, S. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. IAIN Ponorogo: Doctoral dissertation.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cet IV.
Widodo, M. (2018). Lingkungan literasi dirumah pada anak prasekolah. Indigenous:Jurnal Ilmiah Psikologi, 1-7.















