EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KESEBANGUNAN

Authors

  • suhada suhada uinbanten

Keywords:

Efektivitas, , Peraga, , Prestasi, , Kesebangunan

Abstract

Salah satu usaha untuk menciptakan pembelajaran yang efektif adalah dengaan menyelenggarakan pembelajaran yang mengeksplorasi alat peraga yang ada dan tersedia di lingkunga belajar. Dalam penelitian ini penulis berusaha mengungkap seberapa besar efetivitas penggunaan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran matematika konsep kesebangunan di semester 2 kelas IX-A MTsN 1 Pandeglang tahun ajaran 2022/2023. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa 20 item soal tes obyektif yang sudah diujicobakan terlebih dahulu kepada 41 siswa di MTs Anwarul Hidayah Menes dengan koefesien validitas empirik tes 0,781 dan koefesien reliabilitas tes 0,635. Indek kesulitan butir-butir soal adalah 30% mudah, 50% sedang dan 20% sulit dengan daya pembeda cukup baik. Populasi dari penelitian adalah siswa-siswi kelas IX-A di MTsN 1 Pandeglang Metode yang ditempuh adalah eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dari data hasil tes akhir pada ulangan blok konsep kesebangunan, rata-rata nilai yang diperoleh kelompok eksperimen jauh lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Kemudian hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol dengan taraf signifikan 5%. Dari pembuktian ini disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga pada pembelajaran konsep kesebangunan cukup efektif.

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching And Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Muta’aliyah, 1(1).

Anwar, N., Lukum, A., & Alio, L. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Dan Kemampuan Matematik Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Unimed, 10, 84–91. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Tfnyk7sAAAAJ&cstart=100&pagesize=100&citation_for_view=Tfnyk7sAAAAJ:Wp0gIr-vW9MC

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2015). Kesulitan Belajar pada Anak. Nurjati Press. https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchCat=ISBN&searchTxt=978-602-9074-05-5

Hayuningtyas, N. E., & Wijayanti, A. (2017). METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL SISWA SEKOLAH DASAR Ninditya Enggawati Hayuningtyas *, Arfilia Wijayanti , Muhajir. 20(2). https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8906

Jayanti, N. D. (2016). Pendidikan, Belajar Mengajar, Tujuan Pendidikan.

Mawarni, F., & Fitriani, Y. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 133. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i2.4293

Miftahul, N., Nim, J., & Latar, P. A. (2020). Pengantar statistika pendidikan. 1–7.

Rahadian, D. (2018). Peran Dan Kedudukan Guru Dalam Masyarakat. Jurnal Petik, 1(1), 26. https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.56

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288.

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307–317. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp307-317

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

suhada, suhada. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KESEBANGUNAN. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 60–67. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/8

Issue

Section

ARTICLES