PENINGKATAN SIFAT KETELADANAN NABI MELALUI METODE BERCERITA BERBASIS DIGITAL PADA TK. AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BALANG BODDONG MAKASSAR
Keywords:
Sifat Keteladanan Nabi, Metode Bercerita, Berbasis Digital, 5-6 TahunAbstract
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), model yang digunakan adalah model penelitian yang diadopsi oleh arikunto yang terdiri dari 2 siklus dan difokuskan pada kegiatan anak didik yaitu peningkatan sifat keteladanan nabi anak usia 5-6 tahun atau kelompok B1 dengan jumlah anak 9 Anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Subjek penelitian ini adalah sifat keteladanan nabi pada anak didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan kajian teori, penelitian yang releavan, kerangka pikir dan permasalahan yang diajukan maka hipotesis penelitian ini “Peningkatan sifat keteladanan nabi melalui metode bercerita berbasis digital pada TK. Aisyiyah Bustanul Athfal Balang Boddong Makassar” dengan adanya metode bercerita berbasis digital kepada anak didik ini bahwa perkembangan sifat keteladanan nabi yang telah diamati setiap minggunya terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I dibuktikan dengan rata-rata kategori pencapaian anak berkembang sesuai harapan (BSH) dengan persentase 67,40% sedangkan pada siklus II berada pada kategori berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase nilai 95,55% maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa melalui metode bercerita berbasis digital dapat meningkatkan setiap indikator perkembangan sifat keteladanan nabi pada anak kelompok B di TK. Aisyiyah Bustanul Athfal Balang Boddong Makassar.
References
(Adnan, 2013), “Perbedaan Sifat, Sikap Dan Karakter”, Dunia Kreatif, (diakses pada 21 Mei 2013,), https://ropikadnan81.blogspot.com/2013/05/perbedaan-sifat-sikap-dan-karakter.html,
(Aulia)Nuansa Aulia, Himpunan Perundang-undangan, Hal 10-11, Dalam Dedeng Rosyidin hal. 18-19
(Ayudia), “Sifat, Sikap dan Watak
(INDONESIA)Kamus Besar Bahasa Indonesia
( Mertayasa & Sudarsana, 2018), Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Denpasar-Bali: Jayapangus Press, hal 1-2
(Wulansari Vitaloka, et al., 2021) “Pendikan Karakteristik Anak Usia Dini” Hal 10
(Memahami Perbedaan Sifat Dan Karakter, 2022), “Memahami-perbedaan sifat dan karakter” dari https://www.lingkaran.id/pengetahuan/
(ammydotcom, 2014) “Apa Itu Keteladanan”, diakses pada tanggal 23 Oktober 2014 pukul 13.06 wib dari http://ammydotcom.blogspot.com/2011/02/apa-itu-keteladanan.html.
(Nabilah & rakhman, 2022), Penanaman Sikap Teladan Nabi Melalui Video Cerita Kisah Nabi Dengan Media Anyboard, Cimahi, 2022, Halaman 03
(Kinan, 2021), “7 Sikap Baik yang Penting Diajarkan Sejak Dini dan Manfaatnya bagi Anak”. (Dr. Mahfud Junaedi., 2017), “Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam”, 2017, Hal 283(Putri, 2017), “Penggunaan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD”, (Jurnal Pendidikan Volume 3 No 1 Oktober 2017), h. 91.
(Fitroh, 2015), “Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini”, (Volume 2 Nomo 2 Oktober 2015), h. 98
(Dra. Lilis Madyawati, 2016), “Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak”, (Jakarta: Kencana, 2016), h. 162
(H. Amirulloh Syarbini & Heri Gunawan, 2014) “Ide Briliant dari Al-Qur'an untuk Mencetak Anak Hebat”, Jakarta, Pt. Elex Media Komputindo, Hal 236
(Anggraini, 2015) “Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita”, (Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 2, Nomor 2, Oktober I2015), h. 144
(Prof. Dr. Ir. Netti Herawati & Dr. Bachtiar S. bacri, 2018), “Prosiding Seminar Nsional”, Tuban, Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Hal 39-40
(Hadion Wijoyo, 2021), “Transformasi digital dari berbagai aspek” Sumatra barat, hal 91-92.
(Dr. Andi Agusniatih & Jane M Monepa, 2019), “Keterampilan Sosial Anak Usia Dini”, Edu Publisher, Tasikmalaya Jawa Barat, hal 140.
(Hamdan Husein Batubara, 2021), “Media Pembelajaran Digital, Bandung, Hal 3
(Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, 2009), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Prenada: Jakarata, h. 58
(Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, 2010), Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,
(Hamdan Husein Batubara, 2021), “Media Pembelajaran Digital, Bandung, Hal 3
(Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, 2009), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Prenada: Jakarata, h. 58
(Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, 2010), Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,
(Zainuddin, 1991) “Seluk-Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali”, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991), hal 57.