PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH PADA SISWA SD UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Anggita Noerma Ramadhani Universitas PGRI Adi Buana
  • Dinda Prameswari Universitas PGRI Adi Buana
  • Nadea Rosanty Universitas PGRI Adi Buana

Keywords:

Pendampingan Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan di indonesia, dimana dari tahun ketahun pemerintah selalu meningkatkan kualitas pendidikan dari segala jenjang dari SD hingga di bangku perkuliahan, tujuan dan taklain untuk meningkatkan sumber daya manusia di negara Indonesia, dimana sebuah negara bisa menjadi maju dan berkembang tentu karena SDM didalamnya memadai, namun dibalik itu semua tentu membutuhkan sebuah proses yang tidak mudah dimana para siswa pasti dituntut untuk melalui proses pembelajaran yang lebih sulit dan intensif dari segi waktu dan kesulitan materi sudah pasti meningkat, sehingga proses pembelajaran disekolah saja tidak cukup maksimal untuk diterima siswa, sehingga perlunya penguasaan materi dengan mengulang pembelajaran dirumah adalah sebuah kebutuhan untuk membantu siswa menjalani proses ujian disekolah yang diadakan setiap waktu yang ditentukan oleh sekolah, pendampingan pembelajaran dirumah dirasa sangat membantu siswa karena dengan melakukan pengulangan materi dirumah akan membantu siswa untuk lebih memahami dan mengingat dengan baik materi yang telah di ulas di sekolah juga memberikan dampak positif di kemudian hari dengan hasil nilai rapor yang maksimal.

References

Musfiyyah Syifa, Lu’luil Maknun. 2022. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. Vol.3 No, 2.

Darmayanti, I Nengah Sueca. 20200. Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Vol. 3 No, 2.

Basri, M. (2018). Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 2(2), 300. https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1087

Dewi Purnama Sari, F. R. F. (2018). Students Algebraic Thinking Processes in Mathematics Problem Solving at Low Mathematic Ability Student Based on Quantitative Reasoning Ability. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 29–35.

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Fiantika, F. R., (2019). Identifying the reversible thinking skill of students in solving function problems. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 012033.

Fiantika, F. R., (2017). Representation elements of spatial thinking. Journal of Physics: Conference Series, 824(1), 012056.

Fitriyani, H., Yudianto, E., Maf’Ulah, S., Fiantika, F. R., & Hariastuti, R. M. (2020). Van Hiele’s Theory: Transforming and Gender Perspective of Student’s Geometrical Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012070

Fiantika, F.R., (2018). Internal Process: What is Abstraction and Distortion Process? Journal of Physics: Conf.Series, 983(1), 012086.

Jannah, M. (2015). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(2), 1858–4985. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Maufiroh, D. L., Endang, B., & Yuline. (2015). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA di SMAN 10 Pontianak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1–14.

Putu, N., Nonik, S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 2014. file:///C:/Users/hp/Documents/New folder (2)/246686-penerapan-layanan-bimbingan-belajar-untu-5d08d46e.pdf

Wijaya, B. (2013). Hubungan Antara Bimbingan Orang Tua Dan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3(1), 0–10.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Anggita Noerma Ramadhani, Dinda Prameswari, & Nadea Rosanty. (2023). PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR DI RUMAH PADA SISWA SD UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 623–630. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/83

Issue

Section

ARTICLES