MEDIA JAM SUDUT: UPAYA MEMBANTU BELAJAR SISWA SD DI BIMBINGAN BELAJAR

Authors

  • Lailatul Maghfiroh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tantri Septiarini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Irma Dwi Suryani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Bimbingan Belajar, Siswa Kelas Rendah, Siswa Kelas Tinggi, Media Jam Sudut

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan bimbingan belajar berbantu media jam sudut dalam membantu belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan interaktif model dan keabsahan datanya diperoleh dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian adalah pelaksanaan bimbingan belajar berbantu media jam sudut dapat membantu siswa mengurangi kesulitan belajar siswa kelas tinggi (V) yang mulanya tidak dapat menentukan sudut pada jam, setelah menggunakan media jam sudut siswa sudah bisa menentukan sudut pada jam, sedangkan pada kelas rendah sebelumnya siswa kesulitan memahami materi jam dan kesulitan menentukan jarum jam pendek dan jarum panjang untuk menentukan pukul berapa, tetapi dengan adanya media jam sudut yang dibuat secara konkret ini siswa menjadi paham dan dengan mudah memahami materi serta belajarnya pun menjadi senang dan menarik bagi siswa. Layanan bimbingan belajar yang diberikan terintegrasi dengan materi pelajaran (ketika pembelajaran berlangsung) dengan media jam sudut. Keberhasilan pelaksanaan layanan bimbingan belajar guna membantu siswa belajar adalah siswa menunjukkan peningkatan prestasi belajar (nilai ujian), mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu serta dapat berkonsentrasi dengan memperhatikan materi pelajaran yang diberikan. Sehingga, dapat disimpulkan  bahwa penggunaan  media jam sudut dapat  membantu  meningkatkan  prestasi  akademik  siswa  pada  kelas rendah dan kelas tinggi. 

References

Astrini, R. R., & Mujiburrahman. (2017). Efektivitas Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas Belajar Pada Siswa. Jurnal Realita, 2(2), 1–77.

Azmy, B., Fiantika, F. R., & Prastyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian …, 4(1), 165–170.

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Fiantika, F. R., Darsono, D., & S., I. (2019). Etnomatematika: Kristalisasi Budaya Dalam Model Pembelajaran 3R Core. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(3), 203–210. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss3pp203-210ar941

Fiantika, F. R., Prajitno, S. H., Rozzaq, G. A., & Shabir, S. M. A. (2023). Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Sebuah Transformasi Budaya : Situs Gambyok .... © by Author ( s ). 9(1), 15–21.

Fiantika, F. R., & Zhoga, E. F. E. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 16–38.

Hidayatin, P., & Budiyono. (2021). Hubungan antara Bimbingan Belajar Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Selama Pembelajaran Daring. Journal on Mathematics Education, 09, 3166–3176. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42682

Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Maufiroh, D. L., Endang, B., & Yuline. (2015). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA di SMAN 10 Pontianak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1–14.

Mulyanto, I. T., Fiantika, F. R., & Rachmadtullah, R. (2022). Kemampuan berpikir kritis siswa sd pada penerapan model discovery learning. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 37–40.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286

SUJIWO, D. A. C. (2017). Bimbingan Belajar Matematika Pada Siswa Sd Desa Kalidilem Lumajang. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 41. https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.975

Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., Gabe, Y. W. B., Umam, K., & Sajidah, A. (2022). Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 20–34. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v4i1.4484

Zulfitria, Z. A. (2019). PERAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI BIMBEL HIAMA– BOGOR | Zulfitria | Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. September, 7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5377/3590

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Lailatul Maghfiroh, Tantri Septiarini, & Irma Dwi Suryani. (2023). MEDIA JAM SUDUT: UPAYA MEMBANTU BELAJAR SISWA SD DI BIMBINGAN BELAJAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 631–640. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/84

Issue

Section

ARTICLES