PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE WRITING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DISKUSI DI KELAS IX SMPN 4 MUARA BUNGO

Authors

  • Yetrinela SMP Negeri 4 Muara Bungo

Keywords:

Collaborative Writing, Menulis, PTK

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pembelajaran menulis teks diskusi siswa Kelas IX.7 SMP Negeri 4 Muara Bungo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulis teks diskusi dengan menggunakan Model Collaborative Writing di Kelas IX.7 SMP Negeri 4 Muara Bungo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Muara Bungo. Penelitian dilakukan pada semester II, yaitu bulan Februari 2023, dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX.7 dengan jumlah siswa 30 siswa. Alat Pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks diskusi dengan menggunakan Model Collaborative Writing mengalami peningkatan, khususnya dalam menggunakan isi teks diskusi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanik. Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan menulis siswa adalah 68,59 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,74. Disarankan bagi guru hendaknya dapat menerapkan pembelajaran pembelajaran menulis teks diskusi dengan menggunakan Model Collaborative Writing.

References

Abbas, Saleh, Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Abidin, Yunus, Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter, Bandung: Refika Aditama, 2012.

Asrori, Muhammad, et all., Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: P.T. Bumi Aksara, 2003.

Barkley, Elizabeth F. et all, Collaborative writing Techniques, San Francisco: Jossey-Bass, 2005.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Gunawan, Adi W. Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Hernowo, Quantum Writing Cara Cepat nan Bermanfaat Untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis Bandung: Kaifa, 2006.

Muijs, Daniel, et all., Effective Teaching, Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Nurgiyantoro, Burhan, Menulis secara Populer, Jakarta: Pustaka Jaya, 2001.

Rusyana, Yus, Bahasa dan sastra dalam Gamitan Pendidikan, Bandung: Diponegoro, 1988.

Sadhono, Kundharu dan ST. Y. Slamet, Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi, Bandung: Karya Putra Darwati, 2012.

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2005.

Silberman, Melvin L. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusamedia dan Nuansa, 2004.

Slamet, St. Y. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar, Surakarta:UNS Press, 2008.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning, Teori. Riset dan Praktik Bandung:Nusa Media,2009.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi Mixed Method), Bandung:Alfabeta, 2011.

Sugiyono, Strategi Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2009.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Suparno dan Mohamad Yunus, Keterampilan dasar menulis, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Suryabrata, Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Tarigan, Henry Guntur. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 2008.

Thoifuri, Menjadi Guru Inisiator, Rasail Media Group, Semarang, 2012.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Yetrinela. (2023). PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE WRITING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DISKUSI DI KELAS IX SMPN 4 MUARA BUNGO. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 653–662. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/85

Issue

Section

ARTICLES