PROFIL PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PADA TINGKAT KESULITAN SOAL

Authors

  • Dwi Masitho N.K.S Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mei Lani Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Martha Sukma Wijaya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nabila Salima Azzahro Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hepy Yista Adeliya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Karina Putri Pramesti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Proses Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Tingkat Kesulitan Soal

Abstract

Kemampuan  berpikir kritis adalah proses berpikir intelektual dengan menekankan keterampilan merumuskan, menganalisis, dan mengevaluasi masalah yang dimiliki manusia sehingga dapat digunakan pada setiap aktivitas berpikir dalam kehidupan sehari-hari. pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa, keterampilan memecahkan masalah yang nantinya dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi untuk permasalahan tersebut baik pada lingkungan keluarga ataupun lingkungan sekolah. Peneliti mengkaji lebih lanjut mengenai proses berpikir kritis siswa SD melalui pemecahan masalah berdasarkan pada tingkat kesulitan soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa bimbingan belajar. Data dan penelitian ini, dikumpulkan dengan pretest dan postest. Untuk memeriksa keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi waktu, siswa diberikan soal yang sama dengan waktu yang berbeda dan diperoleh data yang identik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijabarkan, peneliti akan mengemukakan kesimpulan berdasarkan dari hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Selama proses pembelajaran kesulitan yang dialami oleh siswa yakni masih kurangnya tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan soal matematika materi perkalian, siswa masih membutuhkan pengulangan bimbingan dalam mengerjakan soal perkalian. Maka dapat disimpulkan bahwa berbagai tipe belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada materi pecahan.

 

References

Arif Musthofa, M., & Ali, H. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BERPIKIR KRITIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA: KESISTEMAN, TRADISI, BUDAYA. 3(1). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1

Astutik, A., Handayani, A. D., & Fiantika, F. R. (2019). Proses pemecahan masalah kontekstual siswa SMA ditinjau dari gaya belajar berdasarkan langkah polya materi sistem persamaan linier tiga variabel. Simki.Unpkediri.Ac.Id.

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., & Ambarwati, K. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press.

Gauss, F. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. 3, 107–114.

Hadi Prayitno, S., Ladyawati, E., & Rita Fiantika, F. (2021). Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gender. 73(2), 149–165.

Hutabarat, D. S., Halomoan, T., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan Teori Pembelajaran Robert M . Gagne Pada.

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Mayestika, P., & Hasmira, M. H. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengawasi Penyalahgunaan Gadget oleh Anak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi: Nagari Durian Gadang Kabupaten Limapuluh Kota). Jurnal Perspektif Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 4(4), 519–530.

Mulyanto, I. T., Fiantika, F. R., & Rachmadtullah, R. (2022). Kemampuan berpikir kritis siswa sd pada penerapan model discovery learning. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 37–40.

Purnama Sari, D., & Rita Fiantika, F. (2018). Students Algebraic Thinking Processes in Mathematics Problem Solving at Low Mathematic Ability Student Based on Quantitative Reasoning Ability. ©Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2).

Rohmasari, D. N. (2019). Penerapan Teori Belajar Behavior dalam Pembelajaran Matematika Keuangan. 19, 1–15.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Supriadi, S., Hidayani, H., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Langkah-Langkah Polya Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Campers Dan Tipe Quitters. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 11(1), 73. https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i1.20941

Yulia Cahyati, S., & Rahma Rhosalia, D. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 9–16.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Dwi Masitho N.K.S, Mei Lani Putri, Martha Sukma Wijaya, Nabila Salima Azzahro, Hepy Yista Adeliya, & Karina Putri Pramesti. (2023). PROFIL PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SD DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PADA TINGKAT KESULITAN SOAL . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 641–652. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/86

Issue

Section

ARTICLES