ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Farahdhiva Qotrunnada Fajrin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Vincentia Della Prawesti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tiara Zalza Nabilah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Febriana Nur Cahyaningrum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ananda Roqiba Faradisi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Eka Aulia Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Risma Savitri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Motivasi Belajar, Penggunaan Gadget, Analisis Dampak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget pada motivasi belajar siswa. Subjek  dari penelitian ini yaitu siswa SD sebanyak 7 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara berbasis tugas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi. untuk memperoleh data penggunaan gadget dan motivasi belajar siswa yang telah memenuhi kriteria valid dan penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dampak dari penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penlitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka proses pembelajaran alangkah baiknya dapat menciptakan suasana yang menyenangkan. Supaya siswa tidak cepat merasa bosan  pada saat kegiatan belajar berlangsung. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, nyaman dan tidak membosankan.

References

Azmy, B., Fiantika, F. R., & Prastyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian …, 4(1), 165–170. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/3856

Fiantika, F. R., & Zhoga, E. F. E. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(01), 16–38.

Hidayat, K. N., & Fiantika, F. R. (2017). Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Analisis Proses Berpikir Spasial Siswa Pada Materi Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar, 1(1), 385. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/134

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78–84. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mira Fenia, B. (n.d.). View of ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA, PENGGUNAAN GADGET, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V.pdf.

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Residu, A., Diazinon, P., & Sawi, P. (2015). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.

Sandika, T. W. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Invention: Journal Research and Education Studies, 5(5), 1–13. https://doi.org/10.51178/invention.v2i2.474

Selan, D. O. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus : Siswa Kelas V SDN 03 Salatiga). Ilmiah, 561(3), S2–S3.

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Farahdhiva Qotrunnada Fajrin, Vincentia Della Prawesti, Tiara Zalza Nabilah, Febriana Nur Cahyaningrum, Ananda Roqiba Faradisi, Eka Aulia Sari, & Risma Savitri. (2023). ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 673–683. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/88

Issue

Section

ARTICLES