ANALISIS TIPE BELAJAR STIMULUS RESPON LEARNING PADA SISWA BIMBANGAN BELAJAR

Authors

  • Lolitha Arum Permatasari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Eka Octavia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Divi Anatsa Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wiwit Tri Ambarwati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sukma Dwi Anggraini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sabrina Yulian Nabila Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Tipe Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tipe belajar siswa. Deskripsi kualitatif adalah pengumpulan data sesuai dengan fakta lapangan, yang bertujuan untuk menafsirkan fenomena yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa bimbingan belajar dari 6 penulis. Waktu pengambilan data dilakukan selama kurang lebih 3 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung dengan cara mengamati, membagikan tes dan ikut membantu ketika proses belajar siswa. Untuk memperkuat data penelitian maka peneliti menggunakan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Setiap siswa memiliki tipe belajar yang berbeda-beda. Setaip siswa berbeda satu sama lain dalam tingkat kecerdasannya, minat, emosinya, serta pemikiran. Demikian pula dalam belajarnya, ada yang lamban dan ada yang cepat, ada yang mampu belajar sendiri dan ada pula yang berkelompok dan sebagainya. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menemukan bahwa 3 siswa  dari 6 penulis mempunyai tipe belajar yang sama yaitu tipe belajar stimulus response learning yang mana dari tipe belajar ini siswa dapat belajar melalui asosiasi antara rangsangan atau stimulus  tertentu  dengan  respons  yang  diinginkan.

References

Aisyah, S., Astuti, A. & Fiantika, F. R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120–6125. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770

Astutik, A., Handayani, A. D., & Fiantika, F. R. (2019). Proses pemecahan masalah kontekstual siswa SMA ditinjau dari gaya belajar berdasarkan langkah polya materi sistem persamaan linier tiga variabel. Simki.Unpkediri.Ac.Id.

Azmy, B., Fiantika, F. R., & Prastyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian …, 4(1), 165–170. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/3856

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Damayanti, S. (2013). Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Sumberpucung Pada Masa Peralihan Dari Kurikulum 2013.

Elisa. (2013). Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349

Feny Rita Fiantika. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret).

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Kwuta, M. M. K., Nasar, A., & ... (2022). Kelayakan Dan Kepraktisan Modul Praktikum Tata Surya Menggunakan Paper Merge Cube Berbasis Augmented Reality. … : Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 79–86. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/1840%0Ahttp://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/download/1840/1377

Mulyanto, I. T., Fiantika, F. R., & Rachmadtullah, R. (2022). Kemampuan berpikir kritis siswa sd pada penerapan model discovery learning. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 37–40.

Nasbi, I. (2017). MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Rachmadhan, A., & Nursalam, M. A. (2023). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. 1, 697–706.

Sastrawa, K. B., & Suardipa, I. P. (2020). Pembelajaran Berkualitas Berbasis Nine Instructional Events Teori Belajar Gagne. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(2), 2020.

Suherman. (2011). Bimbingan Belajar. Universitas Pendidikan Indonesia, 44(8), 1689–1699.

Yanuarti, E. (2017). Dewantara Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian. 11(2):66-237, 11(2), 66–237.

Zahra, F., Ainy, Q., Effane, A., Djuanda, U., Jl, I., Ciawi, K., & Barat, J. (2023). Peran kurikulum Dan Fungsi kurikulum. Karimah Tauhid, 2(1), 153–156. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11934/9129.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Lolitha Arum Permatasari, Eka Octavia, Divi Anatsa Putri, Wiwit Tri Ambarwati, Sukma Dwi Anggraini, & Sabrina Yulian Nabila. (2023). ANALISIS TIPE BELAJAR STIMULUS RESPON LEARNING PADA SISWA BIMBANGAN BELAJAR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 693–700. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/90

Issue

Section

ARTICLES