PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VII SMPN 4 MUARA BUNGO

Authors

  • Herawati SMP Negeri 4 Muara Bungo

Keywords:

Snowball Throwing, IPS, PTK

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII. Siswa kurang aktif mengikuti pelajaran, karena siswa kurang tertarik pada cara penyajian materi yang banyak berpusat pada guru yang menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Muara Bungo?” Hasil penelitian ini adalah 1. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di dalamnya tercakup penyusunan materi pelajaran, penggunaan media, pendekatan dan metode, serta penilaian. 2. Pelaksanaan pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam merumuskan pertanyaan, pemahaman terhadap materi, membangkitkan keberanian siswa dalam mengemukakan pertanyaan, melatih siswa menjawab pertanyaan dan siswa akan lebih mengerti makna kerjasama dalam menemukan pemecahan suatu masalah. 3. Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Muara Bungo. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 65 dengan tingkat ketuntasan 50%. Mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan II sebesar 4,5% menjadi 69,5 dengan tingkat ketuntasan 60%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan I adalah 77 dengan tingkat ketuntasan 70%. Mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan II sebesar 12,5% menjadi 89,5 dengan tingkat ketuntasan 100%. Disarankan bagi guru dapat menerapkan proses pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga guru bisa mengetahui peningkatan kualitas dalam pembelajaran IPS.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Utama Widya

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta:PT Indeks

Isjoni. 2010. Coopertive Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.1

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta:PT Rajawali Pers

Lie, A 2010. Cooperative learning Mempraktikan Cooperative learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grassindo.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Ed I, Cet 2 Jakarta: Kencana.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santyasa, I Wayan. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. (makalah Disajikan dalam Workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Para Guru SMP 2 dan 5 Nusa Penida Klungkung, pada tanggal 30 Nopember s.d 1 Desember 2007 di Nusa Penida

Slavin, Robert. E. 2009. Cooperative learning, Teori. Riset dan Praktik.Bandung: Nusa Media.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2011. Cooperatif Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algensindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Taufina Taufik dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana

Uno, B. Hamzah. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta:Bumi Aksara.

Winataputra, Udin.S. 2007. Materi Pokok: Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta; Universitas Terbuka

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Herawati. (2023). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VII SMPN 4 MUARA BUNGO. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 727–737. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/93

Issue

Section

ARTICLES