STRATEGI BIMBINGAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PESISIR

Authors

  • Muflikha layli Universitas PGRI Adibuana
  • Firda Nabilla Putri Universitas PGRI Adibuana
  • Sella Rofita Universitas PGRI Adibuana

Keywords:

Strategi, Bimbingan, Pembelajaran, SD Pesisir

Abstract

Abstrak penelitian ini: (1) mendeskripsikan perencanaan bimbingan belajar siswa sekolah dasar, dan (2) mendeskripsikan strategi pelaksanaan bimbingan belajar. Pengabdian ini bersifat kualitatif. Penelitian pengabdian ini menggunakan pendekatan etnografi. Tempat penelitian di SD Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan bimbingan belajar siswa SD berdasarkan prestasi belajar siswa yang rendah, kesulitan belajar yang dialami siswa, keinginan orang tua untuk memberikan tambahan belajar di luar jam sekolah. Pelaksanaan bimbingan dilatarbelakangi oleh faktor psikologis, kultural atau sosial budaya, dan pedagogis. Layanan bimbingan belajar direncanakan dan disepakati melalui rapat bersama antara kepala sekolah, guru dan orang tua yang diwakili oleh komite sekolah, dan (2) strategi pelaksanaan bimbingan belajar siswa SD identifikasi kasus, identifikasi masalah, diagnosis, diadakan prognosis, remedial tindakan atau membuat rujukan serta evaluasi dan tindak lanjut. Strategi tutor menggunakan layanan konseling kelompok. Bimbingan dilakukan setelah jam kegiatan belajar mengajar selesai oleh guru di kelas masing-masing.

References

Gila Vogel, Barbara Fresko, and Cheruta Wertheim. 2007. Peer Tutoring for

College StudentsWith Learning Disabilities: Perceptions of Tutors and

Tutees. Journal of Learning Disabilities. Volume 40, Number 6,

November/December2007, Pages 485–493 peer.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Marwa Ahmed Abd El‐Aziz El Naggar1, Fathi Abdel Hamid Maklady, Adel

Morshedy Hamam and Aziza Sayed Omar. 2004. Effectiveness of

Implementing a Tutor Training Workshop for Problem Based Learning

Class Tutors at the Faculty of Medicine. Suez Canal University an Open

Access Journal. Volume 1, Issue 1, 2004.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Mulyono Abdulrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sedanayasa, Gede. Modul Bimbingan Belajar. 2011. Bimbingan Jurusan Konseling

Fakultas Ilmu Pendidikan, Ganesha

Munandir. 2003. Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta Depdiknas.

Muriel Harris and Tony Silva. 1993. Tutoring ESL Students: Issues and Options.

College Composition and Communication. Vol. 44, No. 4, December 1993.

Peter A. Cohen, James A. Kulik And Chen‐Lin C. Kulik. 1982. Educational

Outcomes of Tutoring: A Meta‐analysis of Findings. American

Educational Research Journal Summer. Vol. 19, No. 2, Pp. 237‐248

Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja

Grafindo

Subadi, Tjipto, dkk. 2013. “A Lesson Study as a Development Model of

Professional Teachers”. International Journal of Education. Vol. 5, No. 2, tahun 2013.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bandung:

Remaja Rosda Karya

Suryabrata, 2002. Tes dan Pengukuran. Jakarta : Ghalia Indonesia

Tsai Chen Chien, Aida Suraya Md.Yunus, Wan Zah Wan Ali, & Ab. Rahim Bakar.

The Effect Of An Intelligent Tutoring System (Its) On Student

Achievement In Algebraic Expression. International Journal of

Instruction July 2008, Vol.1, No.2.

Winkel, W. S. 1985. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Jakarta:

Grasindo.

Ahmadi, Abu & Rohani, Ahmad. (2001) Bimbingan dan Konseling di Sekolah,

Jakarta: Rineka Cipta.

Basri, Hasan. Remaja Berkualitas. (2000) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djumhur & Muhammad Surya, (2008) Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung: CV

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Muflikha layli, Firda Nabilla Putri, & Sella Rofita. (2023). STRATEGI BIMBINGAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PESISIR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 717–726. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/94

Issue

Section

ARTICLES