OUTING CLASS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI EDUWISATA NDALEM KERTO
Keywords:
outing class, developing independence, ndalem kerto eduwisataAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi outing class untuk mengembangkan kemandirian anak usia 5-6 tahun dieduwisata ndalem kerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh menggunakan teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa outing class dapat memberikan pengalaman positif terkait kemandirian pada diri anak yaitu kemandirian mentaati peraturan, kemandirian belajar anak, dan kemandirian menyelesaikan masalah.
References
Darma, A., Nababan, S. A., & Alkhairi, F. (2022). Penerapan Outing Class Pada Pembelajaran Sejarah Di Madrasah Aliyah Tahfizihil Qur’an. Keguruan, 10(1), 20-24.
Darma, A., & Joebagio, H. (2018). Application of multicultural outing class method in man 2 model medan. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 288-297.
Gita, T. N., Dhieni, N., & Wulan, S. (2022). Kemandirian Anak Usia Usia 5-6 Tahun dengan Ibunya yang Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2735-2744.
Hayati, N., & Baidi, B. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN OUTING CLASS DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA DI RA NURUL QURAN KECAMATAN BULU KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).
Inah, I. (2022). Implementasi Pengembangan Kemandirian Anak TKIT Qur’ani Adh Dhuhaa melalui Kegiatan Outing Class. BERNAS KIDS: Islamic Childhood Education Journal, 1(2), 32-40.
Patonah, S., Rahardjo, S. B., Cari, C., & Sajidan, S. (2018). The Potential of Outing Class Acitivities to Enhance Environmental Awareness for Elementary School Pre-Services Teacher. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2, 1-1.
Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi pembelajaran outing class guna meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9-22.
Ratnawati, D., Utami, D., & Utami, R. D. (2018). Implementasi Kegiatan Outing Class Sebagai Sarana Interaksi Sosial Pada Siswa Inklusi Di SD Al-Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99-113.
Yansaputra, G., & Pangestika, R. R. (2020). Peningkatan sikap sosial positif melalui outing class permainan tradisional interaktif. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 174-180.