PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP KASUS PERUNDUNGAN PADA MURID KELAS V SD INPRES BUNG KOTA MAKASSAR

Authors

  • Dewi Asyuri Universitas Islam Makassar
  • Mulyadi Universitas Islam Makassar
  • Abrina Maulidnawati Universitas Islam Makassar
  • Ince Prabu Setiawan Universitas Islam Makassar
  • Sri Hastati Universitas Islam Makassar

Keywords:

Kampus Mengajar, Kasus Perundungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran Program Kampus Mengajar di SD INPRES BUNG 2) Gambaran Kasus Perundungan di SD INPRES BUNG 3) Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Kasus Perundungan Pada Murid Kelas V SD INPRES BUNG. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kuantitatif dalam Ex post facto. Tempat penelitian ini dilaksanakan di kelas V dengan jumlah 63 siswa. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa metode jenis penelitian Ex post facto metode kegiatan mengajar rencana program dan kegiatan indikator pelaksanaan pembelajaran dengan instrument penelitian berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data dengan melakukan teknik analisis data statistik, dengan menggunakan rumus Chi-Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 1% dan taraf signifikan 5% pada db = 4 yaitu 14,96, sedangkan harga Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488 dan untuk taraf signifikan 1% sebesar 13,277, dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% maka Ho ditolak. Demikian Ha yang penulis ajukan yaitu “Ada Pengaruh Program Kampus Mengajar Terhadap Kasus Perundungan Pada Murid Kelas V SD Inpres Bung Kota Makassar” diterima.

References

Anwar, R. N. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210-219.

Asri, Hasfira, 2018 "Pengaruh Bullying terhadap Pretasi Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 2 Sinjai", (Skripsi, IAI Muhammadiyah Sinjai, Sinjai).

Astuti, P.R. 2008. Meredam Bullying (3 Cara Efektif Menangani Kekerasan ada Anak), Jakarta: PT Grasindo

Bahri, Sayful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiastuti, Dyah & Agustinus Bandur. 2011. Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media

Cahya Rahmadhani, Erwin Nurdiansyah, & Mulyadi S. 2023. Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas III di SD Inpres Tabaringan. Universitas Islam Makassar: Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan vol. 1 no. 4 1194-1210.https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/188

Cahya Dewi, Reza Dwi, 2019. "Executive Fucntion dan Bullying pada Mahasiswa di Universias Negeri Jakarta." (Skripsi, Universitas Negeri Jakarta)

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU). Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Donal Ary (1982). Pengantar Penelitian dalam Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2024. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Fathoni. Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Husaini Usman. Purnomo Setiady Akbar. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Hamid Darmadi (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Jack R. Frankel dan Norman E. Wallen. (2011). 8th edition. How to Design and Evaluate Research in Education. New Work: Mc. Graw Hill Publisher Inc.

Khotimah, N.R., Riswanto., Udayati. 2021. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SD Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. Jurnal Sinar Sang Surya, Vol.5 No.2 Hal. 194-204

Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246

Makarim, Nadiem Anwar. 2021. Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021, Upaya Kemendikbud Libatkan Mahasiswa dalam Penguatan Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kampus-mengajar- angkatan-1-tahun-2021-upaya-kemendikbud-libatkan-mahasiswa-dalam-penguatan-pembelajaran-di-sekolah-dasar-pada-masa-pandemi/. Diakses pada tanggal 11 November 2021.

Maihani, S. 2022. Pencegahan dan Penanganan Perundungan dilingkungan Sekolah. Url: https://layarberita.com/read/19/10/2022/kampus-mengajar-gelar-sosialisasi-stop-bullying-di-sekolah/.

Nurhasanah, A.D., Nopianti, H. 2020. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, Vol.3 Hal. 166-173.

Rahmawati, Imami Nur, 2017. "Pengumpulan Data Dalam dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara," Jurnal Keperawatan Indonesia, no.1,35-40

Republik Indonesia. Undang Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2003.

Sugiyono, P. D. 2014. Populasi dan sampel. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D, 291, 292.

Sugiyono. 2008. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumardi. 2006. Metode Penelitian I (Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Dewi Asyuri, Mulyadi, Abrina Maulidnawati, Ince Prabu Setiawan, & Sri Hastati. (2024). PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP KASUS PERUNDUNGAN PADA MURID KELAS V SD INPRES BUNG KOTA MAKASSAR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 545–562. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/332

Issue

Section

ARTICLES